Minggu Ke-4 di Kelas Ulat
Mulai diskusi-diskusi seru dan sharing ilmu-ilmu tentang bagaimana memenej emosi kita. Beruntung sekali bisa masuk grup ini karena bisa bertemu dengan banyak teman-teman dan saling menginspirasi.

Minggu ini kami belajar banyak untuk mengatasi innerchild dan merelease emosi, ternyata ada beberapa teknik yang bisa kita lakukan, diantaranya Sadar Nafas, Teknik Tapping, Self Talk dan lain sebagainya.



Teknik Sadar Nafas
Rileks dan atur nafasnya, lakukan 5x putaran sadar nafas, 7 detik ambil nafas dari hidung, 4 detik tahan, 7 detik hembuskan nafas perlahan dari hidung.
Kemudian tanyakan pada diri :

Hai (sebut nama) apa yang kamu ingin aku lakukan agar kita menjadi lebih baik?

Kemudian hening dengan tetap mengatur nafas secara lembut teratur.

Bila kita cukup hening akan ada petunjuk dari dalam diri. Nanti akan dimunculkan emosi apakah yang masih tersisa. Atau sebuah gambaran slide sebuah peristiwa yang ternyata masih (ngumpet) karena awalnya dia masih belum mau tergali.

Coba utk belajar berdialog dengan diri. Karena di dalam diri kita ada cahaya kebenaran yang datangnya dari Allah.

Berikut beberapa gambaran tentang innerchild.



Orang yang belum selesai dengan masa lalunya akan berdampak pada pola pengasuhan anaknya. Kita harus putus mata rantai itu. Yuk release kan dengan Selfhealing.



Jadi apa yang harus kita lakukan agar tidak menurunkan innerchild yang tetluka pada anak-anak kita? Berikut potlucknya :


Untuk itu kita harus juga tahu komunikasi apa yang paling efektif yang kita lakukan pada anak kita. Lakukan bahasa tubuh, kontak mata, pelukan, kemudian katakan apa yang kita ingin anak kita lakukan.


 Penting sekali mengetahui 6 tipe Toxid people ini agar kita bisa tahu apa yang harus dilakukan nanti. Jangan biarkan orang lain membuat kita tidak bahagia.


Cara menghadapi toxic people :
1. Pahami bahwa mereka memiliki luka batin yang belum sembuh jd sikap dan respon yang ditampilkan ke kita selalu negatif, kalau kita sanggup menghadapi dengan tenang, lanjutkan. Jika tidak sanggup, beri jarak.
2. Mereka akan menghabiskan energi positif kita karena kosongnya tangki cinta dalam dirinya, jika kita punya tangki cinta yang banyak, bisa sayangi, beri perhatian tulus, tangkap emosi apa yang mereka sering tampilkan lalu beri apa yang mereka butuhkan dan doakan yang tulus. Kalau tangki cinta kita sedang kurang, lebih baik beri jarak.
3. Jangan memasukkan dalam hati dan pikiran apa yang mereka ucapkan tentang kita, karena mereka sebenarnya sedang mengalirkan emosinya saja. Jangan terpengaruh dan stay calm.

#KelasUlat
#BuncekBatch1
#BelajarMandiri
#JanganLupaBahagia





Komentar

Postingan Populer