Day2
Hari itu kami main ke alun-alun kota. Melihat permainan-permainan sederhana untuk anak-anak. Mereka tertarik mengambil ikan-ikan kecil di kolam plastik yang disediakan. Al dan H duduk di bangku kecil dan mulai mengambil ikan memakan saringan kawat kecil. Asyik sekali mereka. Setelah itu mereka melihat beca-beca kecil, dan mau mengayuhnya.
"Boleh ..." kata saya.
Maka naiklah mereka, jalan berputar-putar, hingga kecapean.

"Udah ah, cape ..."kata Al.
"Ayo udah kita pulang kali gitu".
Setelah membayar, kamipun masuk mobil kembali.

"Al, H gimana mainnya seru?"
"Iya, tapi lama-lama cape ... panas ..."kata Al.
"Haus ..." H menimpali.

"Nah Al, H, umi pengen cerita ... ada seorang bapak-bapak yang kerjanya itu menarik beca, mengantarkan penumpang. Terus nanti dia dibayar sama penumpangnya. Nah, uangnya disimpen untuk beli makan anak-anaknya. Suatu hari ada yang naik ke becanya itu ibu-ibu yang genduuuut banget ...".
"Kayak umi?"dengan polosnya H menyahut sambil terkekeh, Al pun ikut tertawa.
Exhale, inhale ...
"Lebih gendut lagi H, mana bawa belanjaan banyak ... kan pulang dari pasar".
"Oh abis belanja ya ..."kata Al.
"Iya, terus si bapak tukang becanya itu mulai mengayuh beca. Berat sekali. Apalagi dia belum sarapan karena belum punya uang. Tapi dia terus kuat-kuat mengayuh becanya, dia tidak menyerah, karena dia harus dapat uang untuk keluarganya. Dan taukah Al, H, jalanan dari pasar itu naik, jadi mengayuh becanya tambah berat".
"Oh, kasiannya"kata H.

"Tapi bapak itu terus mengayuh sampe puncak, setelah itu jalan menurun, bapak itu hanya tinggal mengerem becanya, gak perlu mengayuh lagi, jadi terasa ringan, hingga sampai ke depan rumah si ibu itu. Terus dapat uang deh alhamdulillah ...".

"Terus bisa makan?"
"Iya, uangnya dibeliin makanan untuk dia dan anak-anaknya, hebat kan bapak itu. Makanya kitapun harus selalu semangat, jangan mudah cape kalo mengerjakan sesuatu yang baik, misalnya ngerjain home work, bantu umi, oke?"

"Iya mi ..."jawab mereka kompak.




#GrabYourImagination
#Kuliah BunSay IIP
#Level 10
#MembangunKarakterAnakMelalui Dongeng
#Tantangan 10 hari

Komentar

Postingan Populer