MELATIH KEMANDIRIAN
Hari ke 4

Alhamdulillah sudah ada di hari ke-4 games melatih kamandirian membuang sampah pada tempatnya. Hari ini saya membuat pointer M, yaitu Motivasi. Saya ingin pastikan bahwa ketika melakukan games ini, bukan hanya karena menuruti uminya, atau karena berlomba agar bisa dibilang jagoan dan di sayang uminya. Bukan pula agar dapat reward. Tapi juga akan disayang sama Allah dan diberi pahala.



"Oh ... gitu ya ... ". Kata Alham.
"Iya ... keren kan, nanti abis makan kumpulin lagi kertas nya ya ...". 
" Oke deh ... tapi sekarang suapin dulu ...". Kata Alham.
"Lho kenapa?" Tanya saya. " Kan Hisyam juga makan sendiri tadi?.
" Panas nasinya ...". Kata Alham manja.
"Tunggu dingin?".
"Laper Alhamnya ...". Rajuk Alham.
" Ya udah ... tapi kalau udah dingin nanti makan sendiri ya?". Saya mengalah.

Setelah anak-anak beres makan, saya mau mengingaykan lagi. Ayo sayang, yuk anak hebat, Alham Hisyam ... ini plastiknya". 
"Haeemm ... ". Alham males-malesan mengambil plastik.
"Ayo Icam ... ayo anak hebat, cuma bentar kok, yuk sini ... ".
"Nanti ... ". Jawab Hisyam malas.
"Ayolah sayang ... ayo bantuin mas Alhamnya". Bujuk saya.
"Icamnya ngantuk ...".
"Oiya, nanti boleh tidur...yuk sebentar beresin sampah dulu...".
"Okelah ...". Katanya.
Alhamdulillah meski awalnya agak malas, anak-anak menjalankan tugasnya. Malah ketika sudah beres, Alham lihat ada plastik biskuit di atas kursi, langsung dibuangnya di keranjang sampah. " Good boy ... makasih ya mas Alham sayang ...". Kata saya sambil cium kepalanya. "Makasih Icam ... Maa syaa Allah anak umi hebat-hebat. Mission complete. Horeeee ...". Kata saya lagi. "Toozz mas Alham, toozz Icam". Anak-anak happy, mamak lebih happy. Alhamdulillah. 

Anak-anak memang harus selalu dimotivasi, selalu disemangati dan diapresiasi. Dan yang paling penting jaga emosi hatinya agar selalu senang. Pakai komunikasi produktif agak pesan-pesan kita tepat sasaran. Sudah beres untuk hsri ini, sampai ketemu besok di pointer berikutnya.



#HariKe4
#Tantangan10Hari
#GameLevel2
#MelatihKemandirian
#KelasBundaSayangIIP
#BundaSayang4Internasional




Komentar

Postingan Populer